Monday, March 12, 2007

U R What U Read

Ada pepatah bilang "you are what you read". Apa yang kita baca membentuk karakter kita.

Hari ini gue jadi wartawan, terus gue mikir gue dulu baca apa? Ya ampun.... Buku yang pertama diperkenalkan ibu gue tuh ternyata Tintin, itu waktu gue masih balita. Dan gue nggak pernah menyangka, 20 tahun kemudian gue jadi wartawan kaya Tintin.

Ibu gue dulu ikut pertukaran pelajar mahasiswa Sastra UI ke Perancis. Gue belum lahir lah. Yang jelas, ibu gue demen banget ama Tintin.

Pas Tintin keluar edisi Indonesianya, ibu gue beli, gue ngga tahu kapan. Yang jelas waktu gue belum bisa baca, masuk TK pun belum, gue dibacain komik Tintin sebelum tidur siang. Gue kagak pernah diceritain Si Kancil, gue tahu dongeng itu malah dari nenek gue.

Gue cuma mengerti gambarnya, ibu gue yang bercerita. Setelah gue pikir-pikir, dari Tintin gue belajar membedakan tanda seru ama tanda tanya. Gue juga diajarin moralitas dari komik Tintin.

"Faya, tahu nggak kenapa Tintin selamet terus? Karena dia sering menolong orang," gitu kata ibu gue.

Pas gue bisa baca setelah SD, ibu gue beli lebih banyak komik Tintin. Gue sih ngaku terinspirasi bertualang dari si jambul ini, makanya gue ikut pecinta alam waktu masuk SMA. Demikian seterusnya sampai hari ini gue jadi wartawan dan menikmati setiap petualangan mencari berita.

Gue baru ngeh pas kemarin-kemarin, dan gue tanya Desti apa gue jadi wartawan karena dulu baca komik Tintin?
"Bisa jadi....." kata Desti sambil menaikan alisnya.

No comments: