Thursday, October 23, 2008

Hongkong: Menikmati Pagi di Victoria Park

Pulang dari Macau itu sudah nyaris subuh. Hari ini pun tidak ada agenda liputan. Dengan memaksakan badan, gue pun bergerak mencari sejumlah obyek liputan feature. Gue memulai dari Victoria Park. Hutan kota di tengah hutan beton Hong Kong.

Victoria Park merupakan taman kota multi fungsi. Selain berfungsi sebagai paru-paru kota, di sinilah tempat masyarakat berolah raga atau piknik bersama keluarga. Konsulat Jenderal RI di Hongkong juga pernah menggelar lomba 17 Agustus untuk TKI di taman ini.

Gue berkeliling taman ini pada Kamis (16/8/2007). Banyak kaum manula datang ke taman ini pada pagi hari. Di berbagai sudut taman, mereka berlatih Tai Chi. Praktik ratusan tahun yang menjadi rahasia kesehatan bangsa Cina.

Ada juga yang berlatih Wushu dengan alat bantu pedang, tongkat, atau kipas. Sejumlah TKI tampak mendampingi para manula ini yang merupakan majikan mereka. Sementara kaum mudanya memilih senam aerobik yang lebih enerjik.

Jogging track juga diramaikan oleh kaum muda yang berlari mengelilingi lapangan rumput seluas 200x100 meter. 6 Lapangan sepakbola berlantai semen juga diramaikan anak-anak SD bermain sepakbola.

Selain itu, Victoria Park masih dilengkapi dengan 12 lapangan tenis, kolam renang, lapangan handball, restoran, dan kolam air mancur. Di Pulau Hongkong yang terlalu banyak gedung beton, ruang terbuka hijau di Victoria Park sungguh melegakan. Hmmm... segaaar.

No comments: