Friday, February 16, 2007

Belantara Jakarta

Bete abis kalo pulang liputan kena macet. Gue pun menghapal semua jalan tikus yang gue butuhkan untuk bisa pulang dari seputaran Monas menuju Parung.

Tapi ada dua jalan tikus yang gue belum tahu. Bagaimana caranya dari Dukuh Atas bisa ke Atmajaya tanpa lewat Sudirman, kedua bagaimana caranya dari Setiabudi bisa ke Mampang tanpa lewat Kuningan. Akhirnya kemarin ama hari ini dua-duanya gue jajal.

Kemarin balik dari liputan di Istana, kena hujan padahal jarum jam udah ke angka 20.00 WIB. Jam segini, Thamrin-Sudirman macet lagi. Bis-bis jalan lebih pelan dan sabar cari penumpang, maklum, putaran terakhir soalnya. Akibatnya baru lewat Dukuh Atas udah macet sampe Semanggi.

Gue pun memutuskan cari jalan tikus, gue belokin Shogun biru gue ke jalan yang tembus ke Hotel Four Seasons. Terus gue ambil jalan tikus yang kira-kira masuk ke belakang Setiabudi. Gue di tengah pemukiman padat dan nggak tahu mesti kemana.

Yang gue cari adalah gedung pencakar langit manapun yang keliatan mata gue. Gue liat JW Marriot artinya gue terlalu deket ke Casablanca, gue belok kanan. Gue liat HSBC gue pilih lurus. Nekat aja, kalo nyasar tidak akan lebih lama dari terjebak macetnya.

Gue akhirnya keluar di Jl Dr Satrio, gue masuk lagi ke belakang Danamon Square dan keluar sebelum Atmajaya. Sukses!

Hari ini pun gue coba lagi. Kuningan macet ampun-ampunan. Pas sampe Casablanca, gue belok kiri dan cari jalan masuk dari kuburan Kober ke Menteng Dalam. Acuan gue lagi-lagi tower. Gue tembus ke Patra Kuningan dengan patokan Gran Melia. Sukses lagi keluar di samping Gran Melia

Sambil meninggalkan kemacetan di belakang gue, gue cuma mikir apa bedanya ini dengan mountaineering waktu gue masih jadi pecinta alam di SMU. Cari jejak jalan juga patokannya menghapal bukit di sekitar kita selain peta ama kompas. Bukit yang bentuknya begini dibelakangnya ada sungai, bukit yang begitu di belakangnya ada desa, dst.

Bedanya, belukarnya sekarang aspal, pohonnya sekarang tiang beton, dan gunungnya sekarang pencakar langit. Dalam hela napas, gue tidak habis berpikir sudah jadi apa Jakarta hari ini.........

No comments: