Saturday, March 7, 2009

Gema Takbir Idul Adha Tanpa Potong Kurban

Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada Senin 12 Desember 2008 yang lalu, tidak hanya bisa dinikmati umat Muslim di Indonesia. Di Berlin, Jerman, umat Muslim juga merayakan Hari Raya Kurban.

Untuk warga Indonesia, salat Id dilakukan di Aula Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin. Salat dimulai pukul 9.30 waktu setempat. Ini terhitung pagi, karena di musim dingin ini matahari baru terbit pukul 8.04 waktu Berlin.

Rangkaian acara dimulai dengan salat Id berjamaah, dan khutbah. Usai itu, warga Indonesia pun saling bersalam-salaman dan kemudian menikmati hidangan yang ada sambil bersilaturahmi.

Tidak ada acara potong kurban seperti lazimnya di Indonesia. Masyarakat Indonesia yang ingin berkurban menyetor uang kurban kepada panitia kurban Masjid Al Falah IWKZ e.V. Panitia kemudian menyalurkan dana kurban ke Rumah Zakat Indonesia.

“Panitia mengumpulkan 16 kambing kurban senilai 1.136 Euro dan hasilnya disalurkan lewat Rumah Zakat Indonesia,” kata Sekretaris I KBRI Berlin Pak Agus Priono.

Senang rasanya bisa kumpul dengan warga Indonesia lainnya. Walau tidak ada acara potong kambing, tapi kita tetap bisa makan.... Gulai Kambing. Mmmmm...

1 comment:

Anonymous said...

Sorry for my bad english. Thank you so much for your good post. Your post helped me in my college assignment, If you can provide me more details please email me.