Saturday, March 7, 2009

Membeli Granat di Toko Turki

Imigran Turki di Jerman banyak yang mencari nafkah dengan membuka toko sembako. Yang dijual pun bermacam-macam, dari daging halal sampai ‘granat’. Lho?

Granat ini tentu saja bukan sejenis bahan peledak. Namun granat ini adalah sejenis buah yang memang dijual di toko Turki. Nama lengkapnya adalah Granat Apfel alias buah Apel Granat. Yang disebut Granat Apfel ini, di Indonesia adalah buah Delima. Namun ukurannya memang jumbo sehingga bentuknya mirip granat.

Saat kami mengunjungi sebuah toko Turki di daerah Weding, Berlin, Sabtu (27/12/2008), tulisan ‘Granat’ besar-besar menarik perhatian mata. Granat yang satu ini dijual dengan harga 3,49 Euro perkilo atau sekitar Rp 55.000.

Toko Turki, sudah menjadi bagian dari keseharian hidup masyarakat di Jerman yang multikultur. Toko ini menjual beraneka jenis sayur dan buah lokal, ditambah beraneka produk makanan Mediterania dan Timur Tengah. Sebut saja aneka kurma, kacang-kacangan, madu, yoghurt dan keju kambing.

Namun bagi umat Islam di Jerman, toko Turki adalah tempatnya mencari bahan makanan yang dijamin halal. Tidak perlu ragu lagi membeli beraneka produk daging mulai dari sapi, kambing atau ayam. Semua disembelih sesuai syariat Islam. Sertifikat halal pun wajib dipajang di tempat penjualan daging di setiap toko Turki.

Selain itu, makanan halal di Jerman tidak hanya bisa dicari di toko Turki. Kios-kios kebab atau rumah makan Timur Tengah adalah tempat makan yang juga dijamin kehalalannya.

No comments: