Saturday, March 7, 2009

Salju Pertama di Berlin

Hujan gerimis musim gugur pada Jumat 21 November 2008, mulai berganti dengan bunga-bunga es. Salju pertama pun turun di Berlin menandai awal musim dingin yang datang lebih cepat.

Salju turun pada pagi dan sore hari. Namun masih tipis-tipis saja. Tidak hanya Jumat, salju pun kembali turun pada Sabtu (22/11/2008) pagi. Pemandangan serba putih mewarnai berbagai sudut kota. Kesampaian juga akhirnya lihat salju hehehe.

Taman kota, taman bermain anak-anak dan lapangan bola tertutup lapisan salju yang tipis. Mobil-mobil yang diparkir di tempat terbuka pun tidak luput berselimut salju di atap dan kap mobil. Namun karena matahari bersinar cerah banyak salju yang langsung menguap menjelang sore hari.

Kondisi cuaca ini dinilai lebih baik dari tahun lalu dimana Berlin tidak mendapatkan salju. Malahan, salju tahun ini dinilai datang lebih cepat. Temperatur di Berlin berkisar antara -2 sampai 0 derajat Celcius.

"Biasanya Desember, ini November sudah ada salju," kata Pak Suripto, warga Indonesia yang sudah lama tinggal di Berlin, dalam sebuah perbincangan.

Salju pertama tidak hanya dinikmati warga Berlin. Situs pemantau cuaca Wetter.de melaporkan, salju perdana sudah dapat dinikmati antara lain di Dresden, Hamburg, Muchen, dan Koln.

Salju kemudian bisa kita nikmati sebulan sekali. Mulai dari November, awal Desember, Januari yang paling tebal, dan pertengahan Februari. Alhamdulillah, kami puas bermain dengan bunga es putih ini.

No comments: