Saturday, March 7, 2009

Gemerlap Pasar Malam Natal

Kemeriahan menyambut Natal begitu terasa di Eropa. Di Jerman, tradisi menyambut Natal terasa lengkap dengan kehadiran pasar malam natal yang disebut Weihnachtsmarkt.

Weihnachtsmarkt digelar di berbagai kota di Jerman. Di Berlin saja, ada lebih dari 20 tempat yang menyelenggarakan pasar malam tahunan ini. Weihnachtsmarkt sudah mulai diselengarakan sejak awal Desember sampai saat perayaan natal nanti.

Dari sekian banyak Weihnachtsmarkt, kami memilih Weihnachtsmarkt di Alexanderplatz, Berlin, Minggu (21/12/2008). Ini adalah sebuah alun-alun besar di dekat menara TV Berlin Fernsehturm, bangunan paling tinggi di Berlin.

Begitu turun dari stasiun kereta Alexanderplatz, wahana kincir raksasa dan lampu-lampunya yang meriah sudah langsung terlihat dari kejauhan. Pohon natal besar menyambut pengunjung di pintu masuk area pasar malam. Weihnachtsmarkt setiap hari biasanya dibuka sejak siang sampai malam hari.

Hawa dingin yang menusuk kulit tidak menghalangi warga untuk berkunjung ke pasar malam. Sebab setiap pasar malam menghadirkan berbagai macam stand yang bisa dinikmati seluruh keluarga.

Di Weihnachtsmarkt Alexanderplatz, ada puluhan stand penjual makanan seperti buah-buahan berlapis coklat, roti-roti, steak, dan sosis panggang, dan tentu saja kue-kue natal. Yang ingin membeli cinderamata bisa mengunjungi penjual kristal, keramik, pajangan kayu, dan tentu saja aksesoris natal. Tidak lupa juga deretan kedai kedai bir yang penuh dengan pengunjung.

Minuman khas yang dijual di kedai bir pasar malam natal ini adalah Gluehwein. Gluehwein adalah anggur yang diberi rempah-rempah. Biasanya terbuat dari Red Wine atau bisa juga dibuat dari Rum, Brandy atau Vodka. Yang membuat khas adalah citarasa rempah-rempah campurannya, ada kayu manis, cengkeh, lemon, dan gula. Ramuan ini dirasa tepat untuk menghangatkan badan.

Untuk hiburannya, ada beberapa wahana yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Anak-anak bisa menunggang kuda poni atau naik komidi putar. Ada juga tempat untuk bermain ice skating. Tapi yang menarik perhatian tentu saja kincir raksasa. Satu gondola bisa diisi sekeluarga. Kincir raksasa adalah wahana yang biasanya tersedia di setiap pasar malam.

Keramaian pasar malam natal lebih lengkap lagi dengan kehadiran Sinterklas yang di Jerman disebut Nikolaus. Nikolaus kerap berkililing di pasar malam menyapa anak-anak. Di Alexanderplatz, sang sinterklas memiliki pertunjukan akrobat meluncur dengan kereta salju yang dipasangi roket, tentunya sambil digantung dengan kabel.

Lagu-lagu natal atau Christmas Carol juga mewarnai berbagai sudut pasar malam. Para pemain band, akordeon, atau kelompok paduan suara, bermain musik dan bernyanyi lagu-lagu natal bergantian. Semua terasa begitu meriah dan semarak. Rasa suka cita yang juga dinikmati berbagai umat Kristiani di dunia yang merayakan Natal tahun ini.

No comments: