Saturday, March 28, 2009

Brussels: Arrival

Liburan ke Brussels, Belgia, pada akhir Februari kemarin adalah liburan yang sudah jauh-jauh hari kita rancang. Tepatnya sejak Desember. Idenya adalah liburan ke rumah Teteh Shanti dan jalan-jalan di Brussels.

Kita rancang jauh-jauh hari biar semua serba siap, maklum bawa Zahra yang baru tiga tahun. Kalau ngga ada anak, kita sih pasti akan liburan gaya backpacker dengan tas ransel tinggi menjulang di punggung kita. Serba murah serba hemat, yang penting jalan-jalan.

Berangkat ke Brussels itu hari Jumat 27 Februari sore, pake EasyJet, pesawat murah model Air Asia. Namanya pesawat murah, ngga boleh bawa koper gede, kalau bawa bayar mahal banget. Kami beli dua sport bag, itu tuh... tas selempang yang biasa dibawa buat perlengkapan olahraga. Buat bawa bola basket, raket atau sepatu.

Desti bikin cheese burger yang enak banget buat bekel di jalan. Lepas dzuhur, kita berangkat ke Bandara Schonefeld pake kereta S-Bahn. Kita berangkat sangat awal biar ngga buru-buru, padahal pesawat baru take off jam 16 sore. Check in juga lancar, tas sport bag kita lolos uji layak bawa. Patokannya asal muat dimasukin di kotak standar kabin.

Zahra sangat-sangat senang menunggu berangkat sambil lihat-lihat pesawat parkir. Kita dapat status penumpang khusus karena bawa anak kecil, jadi boleh naik pesawat duluan. Selain yang bawa anak, orang cacat ama manula juga dapat status khusus.

Pesawat kita Airbus yang kecil, bangkunya satu baris ada tiga di kiri dan tiga di kanan. Tapi bangkunya ngga bisa direbahkan, mungkin biar penumpangnya bisa muat banyak. Jadinya kita duduk setengah tegak. Kalau Zahra mah biasa, begitu take off langsung tidurrrrr.

Perjalanan cuma sejam, sama aja kayak Jakarta-Bali. Terus sampe deh kita di Brussels International Airport. Asli bandaranya gede banget. Berlin mah bandaranya cuma level Halim atau Ngurah Rai hehehehe. Ya... namanya juga Brussels ibukota Uni Eropa. Maklum lah kalau bandaranya besar.

Cuma ya itu, mau keluar aja jauh bener. Padahal Teh Shanti udah SMS nunggu kita di luar. Akhirnya kita ketemu Teh Shanti. Terus lanjut ke kota pake kereta api. Ternyata kereta yang datang, mirip sama kereta bisnis punya PTKA di Indonesia. Ternyata, Jerman lebih maju dari Belgia hehehe. Perjalanan dari bandara ke kota serasa naek Cirebon Ekspress.

Kita turun di stasiun Brussels Nord. Suasananya terus terang ngga serapi Berlin Hauptbahnhof. Udah pasang mata cari brosur peta gratisan tapi ngga kelihatan. Petunjuk arah pun tidak jelas-jelas amat. Walhasil kita yang nyari halte bus malah nyasar ke peron Metro (subway).

Setelah berhasil nemu halte bus, terus naek bis kota sampe jalan Leopold II daerah Sint Jan Molenbeek. Wah rumah Teh Shanti itu strategis banget, pinggir jalan raya dan dekat halte bis dan Metro.

Hari pertama ini kita baru bener-bener melepas lelah dulu. Kita makan malem rame-rame bareng Teh Shanti dan Ulrik yang sayangnya lagi sakit flu. Besok hari Sabtu baru kita mau jalan-jalan keliling kota.