Friday, March 7, 2008

Hongkong: Adu Mulut di Mongkok

Lihat lampu sudah, ketemu Bruce Lee sudah. Belanja oleh-oleh belum. Tempatnya nggak jauh dari Avenue of The Stars. Ingin belanja oleh-oleh murah khas Hong Kong? Cuma ada satu yang cocok, Pasar Mongkok, Kowloon.

Pasar ini memanjang 4 blok di Tung Choi Street. Sering disebut Ladies Market karena para pedagang menjual pernak- pernik perempuan. Barang-barang untuk pria ada di Pasar Yau Ma Tei di Temple Street.

Namun sepertinya nama tinggal lah nama. Di Mongkok, barang-barang pria dan anak-anak juga ada. Pokoknya lengkap. Pasar Mongkok buka pukul 14.00 sampai 24.00 waktu setempat.

Sayangnya sudah banyak barang di pasar Mongkok yang juga dijual di Indonesia seperti di Mangga Dua. Misalnya saja hiasan koin atau baju chong sam.

Jadi sebaiknya Anda membeli oleh-oleh yang khas Hong Kong saja dan cari yang tidak ada di Indonesia. Misalnya T-Shirt bertema Hong Kong atau gantungan kunci.

Banyak turis yang berburu barang di Pasar Mongkok. Modalnya cuma satu, sekuat-kuatnya menawar. Jangan khawatir soal adu mulut, para pedagang bisa berbahasa Inggris, jika Anda tidak bisa berbahasa Canton.

Resepnya sama seperti berbelanja di Mangga Dua atau Glodok. Langsung minta setengah harga dari yang ditawarkan penjual. Setelah adu urat mempertahankan harga masing-masing, Anda baru bisa mendapatkan barangnya dengan harga yang pas. Nah, selamat berjuang!

Dapat apa sajakah saya dari Mongkok? 2 Tas untuk Desti, borong selusin t shirt, selusin gantungan kunci, magnet, selusin sarung ponsel, hehehe.

No comments: