Monday, March 31, 2008

Behave Dangerously

Sebagai biker yang pulang pergi Jakarta-Bogor, safety riding itu harga mati. Ngga usah banyak tingkah kalau bawa motor. Gue masih inget anak istri di rumah.

Tapi sepanjang jalan, udah banyak kelakuan biker yang macem-macem. Apalagi kalau judulnya luar Jakarta (Ciputat kesono deh ampe Bogor).

Ngga pake helm, biasa banget itu mah. Ngebut kaya kesetanan, biasa juga. Naek motor bertiga biasa juga. Malem-malem, semua lampu motornya mati, beberapa demikian. Yang dipretelin dari lampu, spion, plat nomor, speedometer, dll, ada lah yang kaya gitu.

Yang gawat yang gimana? Yang gawat itu adalah kombinasi dari 3 unsur diatas. Contoh:
A. Ngebut, ga pake helm, bertiga
B. Ngebut, ga pake helm, lampu mati malem-malem
C. Ngebut, ga pake helm, motor dipretelin

Yang gue belum nemu adalah kombinasi semua unsur di atas. Udah ngebut kesetanan, ngga pake helm, naek motor bertiga, malem-malem lampunya mati, atau lebih tepatnya dipretelin semua. Kalau sampai tabrakan, itu matinya buru-buru amat. Mati dalam kecepatan 90 km/jam, malaikat maut juga dilewat, wuuuuussssh.

Ada juga yang nyetirnya santai, tapi gayanya gawat. Orang mau belok, lampu sign-nya mati, pake tangan dong kasih tanda. Tapi gue beberapa kali lihat kasih tandanya ngga pake tangan. Pake kaki! Dia rentangin kaki dia jauh-jauh ngasih tau kalau dia mau belok. Kalau kesamber mobil apa ngga putus tuh kaki? Males banget angkat tangan...

Tapi ada juga yang begini: Gue lewat di Monas, Merdeka Barat, baru pulang liputan di Istana. Biker di depan gue tiba-tiba nengok kanan. Gue refleks ikut nengok kanan ke arah Departemen Perhubungan. Ada apa pikir gue, demo? Lumayan gue beritain. Tapi ga ada apa-apa.

Depan Museum Nasional, itu biker nengok kanan lagi tiba-tiba. Gue nengok lagi. Ga ada apa-apa.... Depan Indosat nengok kanan lagi, ngga ada apa-apa.....

Ternyata...... Itu biker ada masalah dengan syaraf lehernya, man... Di depan BI, Sarinah, Kedubes Jerman dan berkali-kali setiap menit nengok kanan. Gimana kalau dia nengok kanan ada mobil atau motor ngerem di depan dia? Gue ngga mau ketawa, gue kasian......

No comments: