Friday, March 7, 2008

Hongkong: Melihat Kota dari Bus Tingkat

Habis sudah tenaga kami hari ini. Sambil meluruskan kami di sebuah kedai teh di Pasar Mongkok, kami memutuskan pulang. Jam tangan menunjukan kalau hari baru saja berganti.

"Naik bus yuk," kata staff Konjen Pak Nugie kepada kami. Ide bagus, demen banget deh gue nyobain segala jenis angkutan umum di Hongkong.

Bus tingkat adalah pilihan transportasi menarik untuk berkeliling Hong Kong. Menikmati jalanan Hongkong dari atas bus, memiliki keasyikan tersendiri.

Kami berkesempatan menggunakan bus tingkat untuk pulang ke Causeway Bay dari Kowloon, Rabu 15 Agustus 2007 dini hari. Jangan menyetop sembarangan! Bus tingkat hanya berhenti di halte saja.

Tapi jangan salah berdiri di halte juga. Di halte yang panjang, bus berhenti sesuai rambu nomor jurusan yang dipajang di ujung, di tengah, atau di pangkal halte. Jika menunggu bis nomor 112 jurusan Causeway Bay, jangan berdiri di dekat rambu untuk bus 102. Bus anda tidak berhenti di situ.

Tarif bus juga tergantung jarak, semakin jauh semakin mahal. Penumpang juga bisa memakai kartu Octopus. Kartu Octopus adalah tiket untuk hampir seluruh alat transportasi di Hongkong.

Kami pun langsung naik ke lantai atas. Dari atas sini pemandangan jauh lebih leluasa melihat jalanan Hongkong. Untuk menghibur penumpang, ada TV layar datar kecil di bagian depan bus. Sejumlah klip iklan dan video klip boyband Hongkong cukuplah menghibur penumpang.

30 Menit kami berkendaraan, kami tiba di Causeway Bay. Untuk jarak dekat, warga Hong Kong memilih Light Bus yang berukuran kecil dengan belasan tempat duduk saja.

Tenang saja, sopir di Hongkong sangat tertib. Tidak ada aksi saling susul, saling pepet apalagi oper penumpang ala metromini.

1 comment:

Anonymous said...

Bro...Asyik ya, bs tau byk ttg hongkong ampek sgitu byk. Sy jd pengen jalan2 ke hongkong.He2..
Klo kt sama skali ga pernah ke hongkong gt, bs di tipu ga ya? Dengar2 dr org,katanya di kota2 kecil yg dsana,byk yg pake hipnotis gt jg ya?
Santi(23thn)..