Friday, March 7, 2008

Hongkong: Bertemu Bruce Lee di Kowloon

Tampangnya sangar, ototnya kencang, kuda-kudanya kokoh, Jet Kune Do itu jurusnya. Semua harus tahu, Bruce Lee siap bertarung. Whaatttaaaaa!

Tapi Bruce Lee tidak bisa menendang, karena cuma patung 2 meter yang didirikan warga Hong Kong untuk menghormatinya. Patung almarhum jago kungfu ini bisa ditemui di Avenue of Stars, Kowloon.

Idenya diambil dari Walk of Fame, AS. Sebuah trotoar pejalan kaki lebar di mana cetak tangan, kaki, atau tanda tangan artis dalam plat semen dipasang di trotoar. Kalau di Hong Kong, yang dipajang tentu saja artis Mandarin.

Lokasi Avenue of Stars ada di Salisbury Road, di tepi laut menghadap Pulau Hong Kong. Avenue of Stars memanjang 300 meter dari Hong Kong Museum of Arts sampai melewati Hotel Inter Continental.

Kami berkesempatan ke sana, Selasa 15 Agustus 2007 malam. Jika mulai berjalan dari museum ke arah hotel, kita akan menemui artis-artis jadul terlebih dulu. "Saya kenal nih, ini pemain film silat waktu saya kecil," ujar Konsul Konsuler Ayodhia Kalake. Saya hanya menggeleng. "Wah, nggak kenal".

Setelah menyusuri puluhan cetak semen, akhirnya saya menemukan cetak semen Bruce Lee. Beberapa puluh meter kemudian ada Jackie Chan dan Jet Lee hanya terpisah beberapa meter.

Pengunjung sepertinya tidak terlalu memperhatikan. Setelah saya sibuk mengambil foto, barulah mereka mendekat. "Jackie Chan! Jet Lee!" ujar mereka girang memanggil teman-temannya.

Di ujung Avenue of Stars barulah patung logam Bruce Lee tegak berdiri membelakangi Pulau Hong Kong. Masyarakat berfoto sambil meniru-niru gayanya.

Jika Anda ingin souvenir, ada toko pernak-pernik namun khusus hanya bertema Bruce lee dan Jackie Chan. Namun memang anda harus merogoh kocek agak dalam.

1 comment:

Anonymous said...

nice place..
aku sempet ke sana waktu bln september 2007.
suka banget sama tempetnya, syg bgt kmaren cuma 3 hari di HK. paling suka sama night view nya. kereeennn